UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS III. C MIN 2 MODEL PALEMBANG

SABIDAH, SABIDAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS III. C MIN 2 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH.

[img] Text
Bab I yuk Sabidah.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II PTK Yuk Sabidah.docx

Download (255kB)
[img] Text
Bab III PTK Yuk Sabidah.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV PTK Yuk Sabidah.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB V PTK Yuk Sabidah.docx

Download (14kB)

Abstract

PTK ini berjudul: “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Tema Lingkungan Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas III.C MIN 2 Model Palembang”. Kegiatan pembelajaran PPKN yang dilakukan dengan metode belajar yang konvensional, misalnya hanya dengan metode ceramah, pemberian tugas dan latihan, dan demonsrasi biasa, tentu akan menimbulkan kebosanan pada siswa yang pada akhirnya akan dapat menghambat pemahaman siswa. Karena itu penulis mencoba metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKN tema Lingkungan di kelas III.C MIN 2 Model Palembang. Sebab dengan metode Mind Mapping siswa dapat lebih mudah mengingat pelajaran yang mereka pelajari dibandingkan dengan menggunakan cara mencatat biasa. Rumusan masalah yang ingin diteliti oleh penulis adalah Apakah dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN tema Lingkungan di kelas III.C MIN 2 Model Palembang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn tema Lingkungan pada siswa kelas III.C MIN 2 Model Palembang dengan menggunakan metode Mind Mapping. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes lisan, tes perbuatan dan praktik salat untuk menjadi dasar dalam analisis statistik dalam laporan PTK ini. Peneliti menggunakan analisa statistik dengan cara mencari nilai rata-rata (Mean) dan prosentase. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN tema lingkungan di Kelas III.C MIN 2 Model Palembang. Bahwa setelah peneliti menggunakan metode mind mapping maka terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar PKN anak Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN tema lingkungan di Kelas III.C MIN 2 Model Palembang. Dari hasil penelitian dan berdasarkan penghitungan data pada Bab IV maka diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar PKN anak kelas III.C MIN 2 Model Palembang. Setelah peneliti menggunakan metode mind mapping. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan setiap siklus. Jika pada pra siklus hasil belajar PKN kelas III.C tema Lingkungan hanya ada 15 siswa (39,47%) yang memiliki nilai hasil belajar PKN dengan kualifikasi tuntas, dengan nilai rata-rata nilai hasil belajar PKN hanya mencapai 63,68. Maka pada siklus kesatu ada 26 siswa (71,05 %) yang termasuk dalam kualifikasi tuntas dan terdapat peningkatan pada nilai rata-rata hasil belajar PKN anak menjadi 81,97. Pada siklus kedua atau terakhir meningkat lagi ada 36 siswa (94,74%) yang termasuk dalam kualifikasi tuntas. Dan nilai rata-rata hasil belajar PKN siswa mencapai 88,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:08
Last Modified: 28 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

View Item View Item