UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

SARI, MELISA MAYANG (2014) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III (Repaired).docx

Download (43kB)
[img] Text
Bab iv baru.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan dalam rangka pencapai tujuan pendidikan. Lembaga pendidikan tentunya mempunyai tenaga kependidikan yang perlu untuk dikembangkan dalam hal ini, kepala sekolah harus mengetahui bagaimana cara agar nantinya dapat mengupayakan para tenaga kependidikan dapat memiliki hasil kinerja yang diinginkan dalam lembaga kependidikan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk kinerja tenaga kependidikan, faktor apa yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan dan upaya apa yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kinerja tenaga kependidikan, faktor yang mempengaruhi kinerja tenaga kependiidkan dan upaya apa yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitataif artinya data yang berupa penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan upaya kepala sekolah dama meningkatkan kinerja dan faktor yang mempengaruhinya. Informan dalam penelitian ini adalah 8 orang, yang terdiri dari kepala sekolah, ketua TU, waka kurikulum, waka ISMUBA, kaur kesiswaan, staf labor, dan staf TU. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah kinerja tenaga kependidikan berupa inisiatif dan komunikasi tenaga kependidikan yang tergolong baik. Sementara kualitas, ketepatan waktu, dan kemampuan, tergolong kurang baik karena hasil observasi penulis melihat Bahwa hanya sebagian staf/pegawai yang datang pada tepat waktu serta sebagian staf/pegawai ada yang belum menguasai kemampuan masing-masing sehingga kualitas kerja tidak begitu memuaskan. dan juga staf/pegawai sekolah tidak hanya bekerja disekolah itu saja tapi juga bekerja di tempat lainnya, seperti di SMA Muhammadiyah 3 Palembang, Universitas Muhammadiyah dan Universitas PGRI. Dan faktor yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan adalah kemampuan individu masing-masing staf/pegawai dan faktor yang menghambat kinerja tenaga kependidikan adalah sebagian staf tidak taat dengan peraturan (Disiplin) dalam bekerja. Kemudian, Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan adalah dengan : pembinaan disiplin, pem berian motivasi, penghargaan, dan persepsi yaitu dengan cara kepala sekolah berusaha menanamkan disiplin kepada semua bawahannya dengan dikeluarkannya peraturan, mengadakan rapat rutin setiap bulan, mengadakan rapat pimpinan, memanggil tenaga kependidikan secara langsung (pribadi).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:22
Last Modified: 28 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item