UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PJOK MATERI LARI 30 METER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT DI KELAS IV MI KHOIRUL HIDAYAH TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG

RIDUAN, M. YUSUP (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PJOK MATERI LARI 30 METER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT DI KELAS IV MI KHOIRUL HIDAYAH TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I PAK YUSUF.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II YUSUF WISUDA 20MARET 2014.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV YUSUF.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar pembelajaran di luar kelas didominasi oleh guru, sedangkan siswa pada umumnya pasif dan menerima saja penyampaian dari guru. Akibatnya siswa menjadi bosan dan kurang berminat terhadap materi yang kemudian berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari latar belakang masalah ini, maka penelitian rumusan permasalahan penelitian ini adalah : apakah penerapan metode drill mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PJOK di kelas IV MI Khoirul Hidayah Tebing Tinggi Kec. Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode drill mampu meningkatkan hasil belajar siswa lari 30 Meter pada mata pelajaran PJOK di kelas IV MI Khoirul Hidayah Tebing Tinggi Kec. Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah siswa kelas IV MI Khoirul Hidayah Tebing Tinggi yang berjumlah 19 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus, yang di lakukan pada bulan Januari, Februari dan Maret. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Berdasarkan data hasil analasis tes atau ulangan harian siswa dan banyaknya siklus perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan, maka dihasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode drill mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PJOK berpasangan di kelas IV MI Khoirul Hidayah Tebing Tinggi Kec. Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Adanya peningkatan dilihat dari : Capaian skor total, pada pratindakan skor total hanya mencapai 1105, kemudian siklus 1 naik menjadi 1315 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 1415 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 1570, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar hal ini terlihat dari mulai pra siklus yang hanya 3 orang kemudian pada siklus naik menjadi 12 anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 18 anak dan pada siklus 3 meningkat menjadi19 anak atau sudah 100% tuntas dalam belajar dan peningkatan nilai rata-rata, pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 58.1. di pratindakan, kemudian naik menjadi 69.2 di siklus 1, naik lagi menjadi 74.4 di siklus 2 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 82.6.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:22
Last Modified: 28 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item View Item