UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI 2 DABUK REJO KEC. LEMPUING KAB. OKI

Farihatul Muyasaroh, Siti (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI 2 DABUK REJO KEC. LEMPUING KAB. OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I situi f.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II siti f.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 siti farhstul.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SITI F.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V siti f.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar pembelajaran di kelas didominasi oleh guru, sedangkan siswa pada umumnya pasif dan menerima saja penyampaian dari guru. Akibatnya siswa menjadi bosan dan kurang berminat terhadap materi yang kemudian berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari latar belakang masalah ini, rumusan permasalahan penelitian ini adalah : bagaimana penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 2 Dabuk Rejo Kec. Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir? dan bagaimana hasil penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Dabuk Rejo Kec. Lempuing Ogan Komering Ilir mata pelajaran IPA? Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 2 Dabuk Rejo Kec. Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir dan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Dabuk Rejo Kec. Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir mata pelajaran IPA. Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Dabuk Rejo yang berjumlah 26 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus,. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya metode ini terjadi peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar dapat di lihat dari Skor total. Pada prasiklus 1520, dan pada siklus 1 meningkat menjadi 1760, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 2065, peningkatan nilai rata-rata. kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 58.4, hasil perbaikan siklus I menjadi 67.6 dan pada siklus II menjadi 79.42 dan peningkatan ketuntasan belajar. Pada pra siklus yang tuntas berjumlah 4 anak, kemudian di siklus 1 naik menjadi 12 anak, kemudian di siklus 2 naik menjadi 24 anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:24
Last Modified: 28 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item