PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS V DI MI NURUL FALAH PALEMBANG

Rogayaten, Rogayaten (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS V DI MI NURUL FALAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah.

[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Model pembelajaran explicit instruction adalah suatu model pengajaran langsung yang dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedur dan pemgetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah.penerapan model pembelajaran explicit instruction dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dimulai dengan menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, lalu mendemontrasikan materi, dilanjutkan dengan membimbing murid dalam pelatihan, selanjutnya memberikan umpan balik serta pelatihan mandiri. Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran explicit instruction, keterampilan menulis puisi siswa kelas V di MI Nurul Falah Palembang dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran explicit instruction, keterampilan menulis puisi siswa kelas V di MI Nurul Falah Palembang dapat meningkat. Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Falah Palembang yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan dan tes menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa mulai dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yang dapat dilihat dari keaktifan dan persentase ketuntasan belajar siswa secara individu. Keaktifan siswa pada prasiklus ialah 57,4%, siklus I ialah 80,8%, dan siklus II ialah 84,4%. Nilai rata-rata kemampuan siswa menulis puisi pada prasiklus ialah 56,5 , siklus I ialah 66,5, dan siklus II ialah 76,3. Sementara itu persentase ketuntasan belajar siswa pada prasiklus ialah 28%, siklus I ialah 61%, dan siklus II ialah 88,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Kata kunci:keterampilan menulis puisi, model pembelajaran explicit intruction

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:24
Last Modified: 28 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13678

Actions (login required)

View Item View Item