UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA MATERI PADAMU PAHLAWAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V B DI MI. WATHONIYAH PALEMBANG

FIRDAUS, EDI (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA MATERI PADAMU PAHLAWAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V B DI MI. WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (171kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul “Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Model Pembelajaran Reading Alloud pada Materi Padamu Pahlawan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V B di MI. Wathoniyah Palembang”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang rendahnya kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V B MI. Wathoniyah Palembang. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 04 Agustus 2014 sampai dengan 08 September 2014 dengan subjek penelitian siswa kelas V B MI. Wathoniyah Palembang yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian PTK ini memfokuskan pada permasalahan apakah penerapan model pembelajaran Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia MI. Wathoniyah Palembang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh peningkatan kemampuan membaca siswa kelas V B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Reading Aloud di MI. Wathoniyah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, yang mana setiap siklus peneliti dibantu oleh teman sejawat dalam mengobservasi aktivitas belajar siswa di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa pada tiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukkan sebelum menggunakan model reading aloud dari 32 siswa hanya 4 siswa yang mendapat nilai tuntas atau sebesar 12,5 % dengan nilai rata-rata kelas 54,96. Lalu pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa yang mendapat nilai tuntas atau sebesar 37,5 % dengan nilai rata-rata kelas 63,91. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 28 siswa yang mendapat nilai tuntas atau sebesar 87,5 % dengan nilai rata-rata kelas 71,56. Kemudian pada siklus III meningkat kembali menjadi 32 siswa yang mendapat nilai tuntas atau sebesar 100 % dengan nilai rata-rata kelas 77,97. Dari hasil pelaksanaan PTK, siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI. Wathoniyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:35
Last Modified: 28 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

View Item View Item