PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 1PAMPANGAN

MANDASARI, JAMILA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 1PAMPANGAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V di SD Negeri 1 Pampangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran model Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Pampangan,(2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 1 Pampangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, karena dalam penelitian ini diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design bentuk Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Pampangan yang terdiri dari V.A,VB sedangkan semple terdiri dari dua kelas yang di mana hanya ada kelas V.A dan V.B, kelas V.A sebagai kelas Eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sedangkan kelas V.B sebagai kelas Kontrol tidak diberi perlakuan. Motivasi belajar siswa dilihat dari hasil lembar angket siswa. Kelayakan instrument divalidasi dengan dosen ahlli. Sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji “t”. Hasil penelitian yang ini menunjukkan bahwa hasil analisis nilai uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 1,67 < 6,91 > 1,67 pada taraf signifikat 5 %. Maka H0 ditolak yang artinya ada pengaruh dari penerapan model teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaram IPA kelas V SD Negeri 1 Pampangan. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Motivasi Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Motivasi Belajar siswa.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:36
Last Modified: 28 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item