UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS III SD NEGERI 7 PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

: SURIAN, : SURIAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS III SD NEGERI 7 PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
BAB I SUARIANI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SURIANI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Tugas guru bukan sekedar mengajar atau menyampaikan materi pelajaran di depan kelas saja, tetapi guru memiliki tugas sebagai fasilitator, motivator, inspirator, komunikator dan sebagainya. Di mana tugas-tugas tersebut tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai manusia yang berilmu pengetahuan, tetapi juga menjadikan peserta didik yang berkepribadian mulia, sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut harus didukung oleh setiap komponen pendidikan termasuk pemilihan metode yang efektif. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan apakah dengan menerapkan model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi akhlak terpuji di kelas III SD Negeri 7 Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir? Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi akhlak terpuji di kelas III SD Negeri 7 Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 7 Pedamaran yang berjumlah 24 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, yang di lakukan pada tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri 7 Pedamaran pada mata pelajaran PAI materi Akhlak Terpuji. Seiring dengan pembahasan di atas berdasarkan data hasil analisis tes atau ulangan harian siswa dan banyaknya siklus perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan, pembelajaran serta meningkatkan rata-rata nilai ulangan harian siswa dan presentase ketuntasan siswa dalam belajar, menunjukan hubungan dengan presentase keterlibatan aktif siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat di lihat dari : capaian skor total, pada pratindakan skor total hanya mencapai 1340, kemudian siklus 1 naik menjadi 1615 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 1860, kemudian dari nilai rata-rata, pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 55.8. Dari 55.8 di pratindakan kemudian naik menjadi 67.2 di siklus 1, naik lagi menjadi 77.5 di siklus 2 dan dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar hanya 12.5%, kemudian di siklus 1 naik drastis menjadi 54.1%%, kemudian di siklus 2 naik dengan signifikan menjadi100% dengan demikian terjadi peningkataN

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Sejarah (Umum)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:36
Last Modified: 28 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item