UPAYA MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIKELAS VII MTS NURUL FALAH NAGASARI KEC. MUARA KUANG KAB. OGAN ILIR Maka

SURYATI, SURYATI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIKELAS VII MTS NURUL FALAH NAGASARI KEC. MUARA KUANG KAB. OGAN ILIR Maka. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SURYATI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SURYATI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apapun yang termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. Anak didikpun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien yakni sesuai dengan apa yang diharapkan dan sesuai dengan ketepatan waktu. Penelitian ini berdasarkan permasalahan apakah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi memahami Asmaul Husna siswa kelas VII MTs Nurul Falah Nagasari Kec. Muara Kuang Kab. Ogan Ilir. Sementara tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi memahami Asmaul Husna siswa kelas VII MTs Nurul Falah Nagasari Kec. Muara Kuang Kab. Ogan Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil tes dan observasi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi memahami Asmaul Husna siswa kelas VII MTs Nurul Falah Nagasari Kec. Muara Kuang Kab. Ogan Ilir. Karena hasil belajar yang diperoleh sesudah diterapkannya model pembelajaran Make A Match terjadi peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus hingga siklus 2 sebagai siklus terakhir dalam tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan. Di mana pada pra-siklus terdapat 3 anak yang tuntas kemudian pada siklus 1 naik lagi menjadi 14 anak yang tuntas kemudian pada siklus ke 2 anak yang tuntas sudah mencapai 25 anak atau 100% tuntas dan peningkatan nilai rata-rata, dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 55.2, hasil perbaikan siklus I menjadi 68 dan pada siklus II menjadi 80.04.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:36
Last Modified: 28 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item