ANANDA, RISKA (2018) PELAKSANAAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah adalah pemimpin sekolah atau lembaga tempat menerima dan memberi pelajaran. Kepala sekolah merupakan kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Kepala sekolah bukan hanya meningkatkan tanggung jawab dan otoritasnya dalam program-program sekolah mulai dari kurikulum sampai keputusan personal tetapi juga meningkatkan keberhasilan siswa. Pengawasan mempunyai kawasan tugas sebagai bagian dari kegiatan sekolah yang langsung berhubungan dengan pengajaran, tetapi tidak langsung berhubungan dengan siswa, oleh karena itu pengawasan tidak dapat diartikan sebagai proses untuk mengawasi dan usaha untuk memperbaiki pengajaran saja, namun punya makna yang lebih luas dari itu. Kegiatan pengawasan bertujuan untuk memperbaiki proses hasil belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pengawasan kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Aulia Cendekia Palembang. Apa saja faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengawasan kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Aulia Cendekia Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, sebagai informan data yaitu kepala sekolah dan sebagian guru di madrasah ibtidaiyah Aulia Cendekia Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penyajian menggunakan model Mattew B Miles dan A Michael Hubermen yaitu, reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Pada akhirnya hasil penelitian ini berkesimpulan kepala sekolah telah melakukan perannya dengan cukup baik dengan melakukan pengawasan kegiatan pembelajaran, hanya saja sangat disayangkan karena dalam melakukan pengawasan ini hanya dua kali dalam satu semester. Jika pengawasan ini dilakukan di setiap bulannya maka proses pembelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Aulia Cendekia Palembang akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan kompetitif dalam kehidupan bermasyarakat. kepala sekolah melakukan tindak lanjut yang diharapkan terjadinya perubahan perilaku yang positif terhadap guru yang pernah dilaksanakan pengawasan. kepala sekolah melakukan pembinaan terhadap guru dengan menciptakan hubungan yang harmonis, menganalisa kebutuhan guru, mengembangkan strategi dan media pembelajaran, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan dan seminar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 04:36 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13726 |
Actions (login required)
View Item |