PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REFLECTION TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ADABIYAH II PALEMBANG

PRATIWI, SUSAN (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REFLECTION TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ADABIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada siswa, bahwasanya siswa terlihat masih kurang rasa ketertarikan dan rasa ingin tahu siswa dengan materi yang dijelaskan guru. Dan dari hasil dokumentasi daftar nilai yang diperoleh dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mengatakan bahwa nilai yang didapat peserta didik dikategorikan sedang karena beberapa siswa belum mencapai KKM. Untuk itu perlu sekali diadakan pendekatan antara guru dan siswa dalam menyikapi hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM. Seperti yang kita ketahui guru sangat berperan penting dalam keberhasilan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan reflection pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang? Adakah pengaruh penerapan reflection terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan reflection pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang, Untuk mengetahui pengaruh pendekatan reflection terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif .Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Palembang. Selanjutnya teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan simple Cluster Sampling (Area Sampling). Sehingga alat penggumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan tes (pre-test dan posttest). Rumus untuk analisis data memakai tes “t” atau to Dengan demikian (t untuk dua sampel kecil itu satu sama lain mempunyai pertalian atau hubungan (N kurang dari 30). 0=7,42) besarnya t (tt 1%=2,76 dan tt 5%=2,05) Dapat t0 jauh lebih besar dari pada tt yaitu 2 ,05<7,48>2,76. Dengan demikian, maka H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh positif antara penggunan pendekatan reflection dalam meningkatkan kreativitas belajar ditolak. Dan Ha yang menyatakan bahwa penggunan pendekatan reflection dalam meningkatkan hasil belajar diterima. Ini berarti bahwa adanya perbedaan skor ataupun hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah digunakannya pendekatan reflection dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi, karena to lebih besar dari pada tt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh penggunan pendekatan reflection dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa I

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:37
Last Modified: 28 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item