UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLANELGRAF DI KELAS B RA SAHABAT ANAK PALEMBANG.

KUSWANA, KUSWANA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLANELGRAF DI KELAS B RA SAHABAT ANAK PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I KUSWANAN FLNELGRAF.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KUSWANA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III KUSWANA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV kuswana.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V kuswana.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Flanelgraf di Kelas B RA Sahabat Anak Palembang. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah Apakah dengan menerapkan media pembelajaran flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas B RA Sahabat Anak Palembang. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan siswa dalam membaca permulaan dengan menerapkan media pembelajaran flanelgraf di kelas B RA Sahabat Anak Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Yang dilakukan selama 2 bulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompk B di RA Sahabat Anak Palembang yang berjumlah 24 orang anak. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan pembelajaran media flanelgraf, observasi aktivitas siswa dan guru dan menggunakan analisis deskriptip kualitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam belajat. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas B RA Sahabat Anak Palembang. Hal ini dapat di lihat dari : Peningkatan Nilai Kemunculan dalam Belajar. Dari data pada prasiklus yang belum muncul (BM) dapat diketahui 13 anak dari 21 anak, Mulai Muncul (MM) ada 5 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 6 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada. Siklus 1 yang belum muncul (BM) dapat diketahui 6 anak dari 21 anak, Mulai Muncul (MM) ada 6 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 8 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 5 anak. Siklus 2 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) ada 4 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 13 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 7 anak. Siklus 3 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 9 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 15 anak

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:30
Last Modified: 28 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13794

Actions (login required)

View Item View Item