PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI MI WATHONIYAH PALEMBANG

DEWI, YUSMALA (2014) PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI MI WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV angket.docx

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa di MI Wathoniyah. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini belum menggunakan media lingkungan secara penuh atau hanya dengan menggunakan buku panduan saja. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai media lingkungan ini secara penuh untuk melihat hasil atau perbedaannya. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan siswa kelas III di MI Wathoniyah Palembang? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas III di MI Wathoniyah Palembang? 3) Apakah ada pengaruh pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MI Wathoniyah Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerpan media lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MI Wathoniyah Palembang. .Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, subjek penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas III sebagai eksperimennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisa data yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas eksperimen, penggunaan tes “t” untuk menguji dua sampel dengan pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa MI Wathoniyah Palembang menunjukkan bahwa nilai yaitu lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,05 dan t tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,76. Dengan kata lain 2,05<>2,76 maka Hipotesis Nihil ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:30
Last Modified: 28 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item