ILHAMUDIN, ILHAMUDIN (2012) KONSEP PENDIDIKAN FILSAFAT IDEALISME DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH UMUM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (66kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (18kB) |
Abstract
Skripsi membahas tentang Pendidikan Filsafat Idealisme yang berimplikasi terhadap Pendidikan Agama Islam di sekolah Umum. Dan sefisikasi pada pengaruh tujuan pendidikan dan kurikulum filsafat Idealisme terhadap pendidikan Agama Islam disekolah Umum. Penelitian ini merupakan study kepustakaan (library research) dengan menggunakan data kualitatif, yakni data terbentuk informasi verbal dalam litetratur yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa buku-buku yang berisikan tulisan-tulisan lain yang berkitan dengan konsep pendidikan Filsafat Idealisme serta semua bahan yang relevan dengan skripsi ini. Selanjutnya, data yang terkumpul baik dari sumber pokok maupun penunjang di klasifikasikan dan dibandingkan untuk selanjutnya dianalisis secara deskriftif analitik yang menganalisa dan menyimpulkan dari pendapat-pendapat yang dikonfirmasikan dan menyimpulkan dari pendapat-pendapat yang dikonfirmasikan dengan content analilysis yang menganalisa makna yang terkandung dalam statemen untuk memperoleh pengertian dan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui pemikiran pendidikan filsafat Idealisme pengaruhnya terhadap pendidikan Agama Islam di SMA, dari penelitian ini diperoleh kesimpulan Konsep Pendidikan Filsafat Idealisme yang lebih di sfisikasikan pada tujuan pendidikan dan kurikulum pendidikan Agama Islam di SMA. Filsafat Idealisme merupakan salah aliran Filsafat yang cukup tua yang berdasarkan atas pemikiran Plato sebagai awal menelurkan ide sebagai tertinggi dalam pemahaman filsafat idealisme. Kerangka filsafat pendidikan filsafat idealisme yang lebih memfokuskan pada pendidikan yang tetap memegang nilai luhur sebelumnya untuk selalu tetap terjaga. Sehinga tujuan Pendidikan tidak terkontaminasi oleh perubahan zaman. Begitu juga dengan kurikulum pendidikan filsafat Idealisme dalam penerapannya dilihat dari seluruh sudut pandang serta penguasan materi pelajaran kepada peserta didik lebih diutamakan. Dan pendidikan itu akan menghasilkan sumber daya manusia yang tetap berpegang pada nilai-nilai serta siap untuk menghadapi dunia praktis pasca pendidikannya. Pendidikan Agama Islam di SMA yang masih cenderung dalam pelaksanaan masih terlalu terpisah dengan mata pelajaran lain menjadikan mata pelajaran Agama cenderung dikesampingkan. Dan pengejawantahan nilai-nilai spiritual manjadi kering dari subtansi spiritual. Sedangkan Idealnya pendidikan melahirkan generasi-generasi Muslim yang berpondasikan pada nilai tauhid serta keilmuan yang mumpuni untuk menghadapai perubahan zaman, Serta mampu berkompetisi dalam dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:34 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 06:34 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13871 |
Actions (login required)
View Item |