UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DUA BILANGAN SATU ANGKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS IC DI MI AHLIYAH 2 PALEMBANG

MARDIAH, MARDIAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DUA BILANGAN SATU ANGKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS IC DI MI AHLIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I MARDIAH.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II MARDIAH.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB III mardiah.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV MARDIAH ok.docx

Download (144kB)
[img] Text
BAB V mardiah ok.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka Dengan Model Pembelajaran Make a Match Kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang.      Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang dan apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang.      Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas IC MI Ahliyah 2 Palembang.      Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi.      Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 8 siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata 54,58. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 17 siswa (70,83%) dengan nilai rata-rata 67,83. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar telah mencapai 24 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 87,5. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka melalui model pembelajaran Make a Match terdapat peningkatan yang sangat signifikan mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:39
Last Modified: 28 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item View Item