Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Teks Acak Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas XI IPA MA Al- Fatah Palembang”

oktapia, Yeni (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Teks Acak Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas XI IPA MA Al- Fatah Palembang”. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
WORD PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah “pengaruh penerapan strategi pembelajaran teks acak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem pencernaan makanan di kelas SMA MA Al-Fatah Palembang.” Tingkat keefektifan pembelajaran di sekolah salah satunya ditentukan dan dipengaruhi oleh kemampuan guru menerapkan dan mengelola proses pembelajaran. Guru harus mampu memahami dan menyajikan apa yang diajarkan secara nyata agar mudah dipahami oleh siswanya. Dengan tingkat perkembangan usia siswa yang selalu bertambah dan tumbuh berkembang maka dibutuhkan metode belajar atau strategi dalam pembelajaran. Terutama pada mata pelajaran biologi yang sangat membutuhkan strategi dalam pembelajarannya agar siswa tidak jenuh dalam belajar serta materi yang disampaikan dapat dipahami. Dengan hal ini, dilihat dari kondisi belajar pada mata pelajaran biologi dimana banyak materi yang akan diajarkan tidak sesusai dengan cara penyampaian dalam proses pembelajarannya seperti, hanya terfokus pada metode ceramah, buku LKS dan buku-buku lainnya tanpa ada tindak lanjutannya dari guru bidang study. misalnya memberikan motivasi, menceritakan pengalaman yang berhubungan dengan materi yang diajarkan secara nyata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan ilmu biologi itu sangat luas pembahsannya dari tentang mahluk hidup dimasa lampau maupun di masa akan datangAdapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran teks acak terhadap hasil belajar siswa. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan deskriftif kuantitatif, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan analisis Uji�t. Hasil analisis nilai posttest diperoleh harga thitung yaitu 4, 25 dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5 % dan ttabel significant level 1% df = n1+n2-n (30+35) – 2: 2,65, thitung>ttabel (4,25 > 2,65) dan ttabel = 2,00 thitung > ttabel atau 4,25 > 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan, karena hasilnya (2,00 < 4,25 > 2,65). dk= (30+35)-2 yaitu ttabel= 2, 00. Ternyata thitung > ttabel atau 4,25 > 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak Ha diterima sehingga hipotesis menyatakan bahwa “ ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran teks acak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem pencernaan makanan di kelas XI IPA di MA AL- Fatah Palembang Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Teks Acak Hasil Belajar, Post Test.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:39
Last Modified: 28 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13922

Actions (login required)

View Item View Item