EFEKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG

TAMALA, NOVA (2015) EFEKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1-4 ACC.rtf

Download (648kB)

Abstract

Setiap penggunaan alat pembantu harus dapat meningkatkan efesiensi metode yang dipilih sehingga dalam keadaan saling melengkapi dapat membawa guru dan siswa lebih dekat lagi pada tujuan yang telah ditetapkan semula. Bila tidak demikian maka penggunaan teknik-teknik pembantu hal ini hanya akan menghambat proses belajar mengajar. Dan guru memegang peranan penting dalam rangka meningkatkan kegairahan dan mengembangkan kegiatan belajar mengajar siswa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektivitas belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran biologi kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Responden pendukung dalam penelitian ini adalah beberapa orang guru dan siswa adapun alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan Persiapan guru biologi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang cukup baik dalam proses pembelajaran, karena para guru telah mempersiapikan sebaik mungkin persiapan sebelum mengajar. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 palembang metode demonstrasi, sehingga jalannya proses pengajaran tidak melelahkan/membosankan peserta didik. Jadi penerapan metode dalam proses pembelajaran tidakterbatas, dan telah diterapkan sepenuhnya sesuai dengan teori-teori yang ada persoalannya kurang relevan hanya menggunakan metode terbatas tersebut diatas untuk diterapkan. Respon siswa tentang efekivitas belajar dengan menggunakan metode demontrasi pada mata pelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang cukup baik, siswa meresponnya dengan positif. Siswa merasa nyaman dan lebih bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : Efektivitas Belajar, Metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:40
Last Modified: 28 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item