PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG

ANDRIANSYAH, ANDRIANSYAH (2014) PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I REVISI.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II REVISI.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III REVISI.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV REVISI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V REVISI.docx

Download (20kB)

Abstract

BSTRAK     Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model-model pembelajaran inovatif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang, serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang pada tahun 2014. Responden dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah dan guru-guru yang berstatus sebagai guru tetap tentunya termasuk sebagai guru tetap di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang yang berjumlah 44 orang namun berdasarkan angket yang di kembalikan jadi guru yang di teliti berjumlah 36 orang.     Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui Angket, Wawancara, dan Studi Dokumentasi, Angket digunakan untuk mengumpulkan data utama yang berkaitan dengan penerapan model-model pembelajaran inovatif, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Wawancara digunakan untuk menggali data lebih mendalam tentang penerapan model-model pembelajaran inovatif serta pengaruhnya dari perspektif kepala Madrasah, sedangakan studi dokumentasi digunakan untuk tringulasi data hasil angket maupun wawancara. Sesuai rumusan masalah dan tujuan penelitian, maka analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis data kualitatif dan data kuantitatif.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang sudah menerapkan model-model pembelajaran inovatif, namun model yang di terapkan masih terbatas, Alasan guru menerapkan model-model pembelajaran inovatif adalah karena membuat pembelajaran lebih menarik, dan menyenangkan, sehingga siswa tidak menjadi mudah bosan serta membuat pembelajaran menjadi lebih muda. Manfaat yang di rasakan adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, meningkatkan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran. Adapun Faktor internal guru seperti faktor usia, pendidikan terakhir, pengalaman mengajar, status kepegawaian, status sertifikasi serta pelatihan workshop yang pernah di ikuti tidak begitu mempengaruhi penerapan model pembelajaran inovatif, dan juga termasuk faktor eksternal seperti kualitas sarana prasarana, serta dukungan dari pimpinan madrasah berupa dukungan moral dan muapun dukungan program juga tidak terlalu mempengaruhi penerapan model-model pebelajaran inovatif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:09
Last Modified: 29 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item View Item