PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 LUBAI MUARA ENIM

WAHYUNI, LESTI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 LUBAI MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 4 (yuyun).docx

Download (782kB)
[img] Text
bab 5 (yuyun).docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran outdoor, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran outdoor, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran outdoor terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Lubai, Muara Enim. Penelitian ini termasuk kelompok pre eksperimental design yaitu eksperimen yang belum sungguh-sungguh. Dan pada penelitian ini eksperimen yang dilaksanakan merupakan kategori Pre-test and Post-test Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 4 Lubai Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Dari kedua kelas populasi diambil 1 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas IX.1 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang sebagai kelas eksperimen dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu tes dan angket dengan teknik analisis data tes berupa mencari rata-rata hasil tes siswa baik Pre-test maupun Post-test dan teknik analisis angket dengan menggunakan penskoran dan Skala Likert serta Uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data tes yang diperoleh yaitu ada perbedaan rata-rata Post-test 73,890 sedangkan pada Pre-test 44,598. Hal ini berarti Ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Outdoor dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis data angket yaitu berdasarkan hasil persentase tingkat persetujuan siswa secara keseluruhan mengenai penerapan model pembelajaran outdoor yang diperoleh sebesar 83,51%. Dengan hasil angket tersebut maka persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran outdoor termasuk dalam kategori baik/efektif. Adapun pengujian hipotesis dengan Uji-t didapat thitung = 18,23 > ttabel = 1,993 maka Ho ditolak artinya Ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Outdoor dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Lubai, Muara Enim. Kata Kunci: Model Pembelajaran Outdoor, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:11
Last Modified: 29 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item