RAHIM, RIKA (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ADABIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
Skripsi.docx Download (497kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa dengan penerapan pendekatan konstruktivisme di SMP Adabiyah 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling yang populasinya terdiri dari 120 siswa, sehingga diperoleh sampel kelas VII4 yang berjumlah 30 siswa. Data tentang kemampuan penalaran matematika siswa dikumpulkan dengan memberikan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 8,21 > 1,68. hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kemampuan penalaran matematikaterhadap penerapan pendekatan konstruktivisme. Oleh karena itu, pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran matematika disarankan untuk menggunakan pendekatan konstruktivisme sebagai alternatif pembelajaran matematika dikelas. Kata Kunci : pendekatan konstruktivisme, tingkat kemampuan penalaran matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? QA75 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14096 |
Actions (login required)
View Item |