PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ADABIYAH 2 PALEMBANG

RAHIM, RIKA (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ADABIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi.docx

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa dengan penerapan pendekatan konstruktivisme di SMP Adabiyah 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling yang populasinya terdiri dari 120 siswa, sehingga diperoleh sampel kelas VII4 yang berjumlah 30 siswa. Data tentang kemampuan penalaran matematika siswa dikumpulkan dengan memberikan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 8,21 > 1,68. hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kemampuan penalaran matematikaterhadap penerapan pendekatan konstruktivisme. Oleh karena itu, pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran matematika disarankan untuk menggunakan pendekatan konstruktivisme sebagai alternatif pembelajaran matematika dikelas. Kata Kunci : pendekatan konstruktivisme, tingkat kemampuan penalaran matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? QA75 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:12
Last Modified: 29 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item