UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELAFALKAN ZIKIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 PEDAMARAN KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

DARMAWAN, DARMAWAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELAFALKAN ZIKIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 PEDAMARAN KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan dalam kompetensi dasar. Cukup banyak bahan pelajaran yang terbuang percuma hanya karena penggunaan metode menurut kehendak guru dan mengabaikan kebutuhan siswa, fasilitas, serta situasi kelas oleh karena itu penggunaan metode mengajar yang bervariasi dapat menggairahkan belajar anak didik. sehingga kebosanan itu dapat terobati dan berubah menjadi suasana kegiatan pangajaran yang jauh dari kelesuan Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melafalkan zikir di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pedamaran. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode drill dapat membiasakan murid berzikir setelah sholat fardhu di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pedamaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimana tiap-tiap siklus dilalui dengan tahapan perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Dari tindakan yang di lakukan dapat di ambil kesimpulan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melafalkan zikir di kelas IV SD Negeri 11 Pedamaran pada mata pelajaran PAI materi beraikir setelah sholat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai, dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 58.6, hasil perbaikan siklus I menjadi 68 dan pada siklus II menjadi 83.2 dan pada siklus III menjadi 85.2. jadi berdasarkan data tersebut maka dapat di katakan bahwa target tuntas belajar anak sudah mencapai nilai maksimal. Dengan demikian di tetapkan siklus III merupakan siklus terahir Kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu pada prasiklus siswa yang tuntas baru 2 anak atau 8.69 kemudian pada siklus 1 naik menjadi 11anak atau 47.8% kemudian pada siklus ke 2 meningkat menjadi 21 anak atau 91.3% dan pada siklus 3 anak yang tuntas sudah mencapai 23 atau sudah 100%. Kemudian peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada prasiklus hanya ada 2 anak dari 23 anak atau 8.69 % yang memperhatikan atau mendengarkan penjelasan guru, bertanya, memperagakan sesuai skenario dan menjelaskan ulang materi. Sementara pada siklus I meningkat menjadi 18 anak atau sekitar 78.26%, kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 anak yang memperhatikan, 12 anak yang menjelaskan materi ulang, dan 14 anak yang bertanya dan memperagakan sesuai skenario. Pada siklus III meningkat menjadi 16 anak yang bertanya, 14 anak yang mempergakan sesuai skenario, 12 anak menjelaskan ulang materi dan 22 anak mendengar atau memperhatikan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:16
Last Modified: 29 Sep 2021 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item