PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA MATERI MENGENAL NORMA DIKELAS III MI IKHLASIYAH PALEMBANG

ROHMA, ROHMA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA MATERI MENGENAL NORMA DIKELAS III MI IKHLASIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I ptk.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II ptk.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB III ptk.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA MATERI MENGENAL NORMA DIKELAS III MI IKHLASIYAH PALEMBANG ” Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKN pada materi Mengenal Norm. di kelas III MI Ikhlasiyah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKN pada materi Mengenal Norma di kelas III MI Ikhlasiyah Palembang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu observasi dan tes. Observasi juga dapat berupa kegiatan pengamatan dan pencatatan terhadap gejala-gejala yang ditemukan dilokasi penelitian yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sedangkan Tes adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatakan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKN pada materi Mengenal Norma dikelas III MI Ikhlasiyah Palembang . Terhadap pemahaman siswa terhadap meteri mengenal norma, maka diperlukan tes dalam bentuk lisan dan tertulis. Bentuk lisan akan dilaksanakan sebelum dan sesudah proses pembelajaran dari setiap siklus yang akan dilaksanakan, sedangkan bentuk tulisan akan di laksanakan sesudah proses pembelajaran dari tiap siklus yang akan dilaksanakan. Proses penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Dari sini penelitian mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi Mengenal Norma dikelas III sudah berhasil atau belum. Hal ini diketahui dibab IV yang nantinya menjelaskan hasil setiap siklus disertai penyajian data dalam bentuk garfik atau tabel serta penjelasan lainya. Dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada materi mengenal norma terhadap peningkatan pada setiap siklus. Sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match perolehan nilai siswa rata-rata 57,2 dan puncaknya pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 75,0 dari skor KKM 60.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:17
Last Modified: 29 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item