UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN – BAGIAN MATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV MI. RIYADHUL JANNAH PALEMBANG

PIJI LESTARI, WENTI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN – BAGIAN MATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV MI. RIYADHUL JANNAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.doc

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)

Abstract

Skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul ”UpayaMeningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA pada Materi Bagian-bagian Mata Dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Jannnah Palembang”, Penelitian ini berangkat dari latar belakang rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA. Penelitian skripsi ini memfokuskan pada permasalahan apakah penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran lPA pada materi bagian-bagian mata pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Jannah Palembang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Bagian-bagian mata di Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Jannah Palembang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang mana setiap siklus peneliti dibantu oleh teman sejawat dalam mengobservasi aktivitas belajar siswa di kelas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus.Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian sebelum menggunakan metode picture and picture pada prasiklus siswa yang mencapai nilai ketuntasan yaitu hanya 6 siswa (26,1%) yang tuntas dan 17 siswa yang tidak tuntas (73,9%). Kemudian meningkat pada siklus I terdapat 17 siswa (73.9%) yang tuntas dan 6 siswa(26,1%) yang tidak tuntas. Kemudian meningkat kembali pada siklus II terdapat 23 siswa (100%) yang dapat menuntaskan materi bagian-bagian mata. Dari hasil Pelaksanaan PTK, Prasiklus, siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar anak pada materi bagian-bagian mata di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Jannah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:17
Last Modified: 29 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item