PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOTERHADAP GURU AQIDAH AHLAK DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MA AL-KHOIRIYAH MENANTI KEC. KELEKAR

WIDIANA, WIDIANA (2014) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOTERHADAP GURU AQIDAH AHLAK DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MA AL-KHOIRIYAH MENANTI KEC. KELEKAR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bejudul “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Guru Aqidah Ahklak Dalam Pengelolaan Kelas di MA Al-Khoiriyah Menanti Kec. Kelekar”. Yang di latar belakangi peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu merupakan tugas kepala sekolah dan disini peran kepala sekolah belum melakukan observasi kelas atau pengawasan terhadap guru-guru dan pegawai sekolahnya. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru di MA Al-Khoiriyah Menanti Kec. Kelekar, bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap guru aqidah ahlak dalam pengelolaan kelas di MA Al-Khoiriyah Menanti Kec. Kelekar. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metodologi penelitian menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh menggunakan triangulasi sumber data. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis melakukan analisa data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini pertama, peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap guru aqidah ahlak di MA Al-Khoiriyah Menanti Kec. Kelekar ini sudah terlaksana dengan baik, dimana kepala sekolah melakukan observasi kelas dengan meneliti suasana kelas selama pelajaran berlangsung, kepala sekolah mengarahkan guru dengan memotivasi guru-guru dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi. Supervisi atau kepala sekolah mengadakan kunjungan kelas ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung tanpa pemberitahuan terhadap guru pada awal tahun pelajaran baru mengarahkan penyusunan silabus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, menyelenggarakan rapat yang rutin untuk membahas kurikulum pelaksanaannya di sekolah. Dan kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi dan memberikan dan memberikan sangsi kepada guru yang kurang disiplin. Kemudian kedua peran guru aqidah ahlak dalam pengelolaan kelas di MA Al-Khoiriyah Menanati Kec. Kelekar ini sudah terlaksana yaitu: Tindakan guru dalam pengelolaan kelas pada saat mengajar, guru mempertahankan keadaan yang stabil dalam suasana kelas bila terjadi gangguan belajar mengajar, guru memberikan teguran terhadap siswa yang kurang disiplin, guru mengatur kembali poster atau gambar yang ada di dalam kelas, guru mengatur ulang bangku atau kursi dan meja siswa, menentukan jumlah siswa dalam tiap kelas dan jumlah siswa dalam tiap kelompok kegiatan. Memberikan pujian terhadap siswa yang disiplin, menggunakan alat media pada saat mengajar.Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.Mengadakan evaluasi setalah belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:18
Last Modified: 29 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item