SINERGITAS GURU AL-ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENINGKATAN KUALITAS KEISLAMAN SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

ARISA, TETY (2014) SINERGITAS GURU AL-ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENINGKATAN KUALITAS KEISLAMAN SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (23kB)

Abstract

Latar belakang masalah skripsi ini tentunya melalui permasalahan pokoknya mengenai Sinergitas guru Al-Islam dengan guru bimbingan konseling dalam peningkatan kualitas keislaman siswa-siswi SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apa saja program, faktor pendukung dan penghambat dalam membangun sinergitas (Kerjasama) guru Al-Islam dengan guru bimbingan konseling dalam peningkatan kualitas keislaman siswa-siswi SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriftif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber data primer yaitu data yang di dapat langsung dari sumber data melalui informan yaitu yang terdiri dari Guru sekolah tempat penelitian dan Sumber data skunder yaitu data penunjang dalam penelitian ini, seperti literature yang berkaitan dengan penelitian, yaitu data yang di peroleh dari kepala sekolah di tempat guru mengajar. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah reduksi rata, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan sehingga mendapatkan data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : pertama,Pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 6 Palembang yaitu meningkatkan pengajaran di dalam kelas, meningkatkan kedisplinan, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terutama Guru Al-Islam dalam membentuk siswa menjadi pribadi muslim yang baik. secara langsung Guru Bimbingan dan Konseling bertugas memberikan bantuan dan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dan memerlukan bimbingan serta bantuan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. Melalui langkah identifikasi kasus, langkah diagnosa, langkah prognosa dan langkah terapi. Kedua, pelaksanaan pembinaan keagamaan guru Al-Islam yaitu : Guru Al-Islam yang dalam tugasnya memberikan pengetahuan tentang ilmu agama Islam sehingga siswa dapat mengamalkan ajaran agama Islam dan juga membimbing dan mengarahkan siswa menjadi manusia yang berkepribadian atau berbudi pekerti mulia. peran serta Guru Al-Islam dalam kerjasama ini bekerja mengenai hal-hal yang bersifat isi dari kegiatan yang diselenggarakan. Adapun usaha-usaha yang dilakukan guru Al-Islam : Usaha Preventif, Usaha Preservatif dan usaha kuratif. Dan ketiga, sinergitas (Kerjasama) guru Al-Islam dengan guru bimbingan konseling yaitu : menangani siswa yang bermasalah dalam pembinaan sikap, perilaku, moral dan akhlak, selain itu juga kerjasama dalam melaksanakan program kegiatan keislaman misalnya kegiatan keagamaan seperti : kegiatan membaca Al-Qur’an, ceramah dan hafalan surah-surah pendek yang dilaksanakan sebelum memulai pelajaran, kegiatan kultum bagi para siswi putri setiap hari jum’at, kegiatan tausiyah bulanan yang diadakan di lapangan sekolah, dan ikut serta dalam melaksanakan PHBI (Maulid Nabi, Isra Mi’raj, Pesantren Ramadhan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:18
Last Modified: 29 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14147

Actions (login required)

View Item View Item