YULIANAH, YULIANAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MENYUSUN PUZZLE KELAS B.7 TK AISYIYAH 4 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (3MB) |
|
Text
BAB III.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (84kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (13kB) |
Abstract
Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Metode Bermain Menyusun Puzzle Kelas B.7 Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah 04 Palembang”. Berdasarkan pengamatan, banyak anak usia dini di taman kanak-kanak yang belum mengenal permainal Puzzle, karena menyusun puzzle itu sendiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Permasalahan dalam skripsi ini adalah metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan di kelas B.7 Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athafal 4 Palembang ? Peneliti ini bertujuan mengetahui usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan permainan menyusun puzzle angka 1-20 dengan benar. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah anak kelas B.7 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athafal 4 Palembang tahun pelajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahapan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Busthanul Athafal 4 Palembang dalam pemahaman metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan hasil diperoleh masih rendah dengan jumlah ketuntasan. Dengan diadakannya penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahap Pra siklus, siklus I dan siklus II melalui metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan kemampuan anak meningkat pada setiap siklusnya pada pra siklus sebanyak 10 anak dengan nilai BSH (31,32%), siklus I menjadi 28 anak yang BSH dan 3 anak BSB (40,86%) dan siklus II dengan ketuntasan mencapai 100% anak dapat menyusun puzzle dengan benar. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan dapat meningkatkan kognitif anak di TK .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:18 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:18 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14149 |
Actions (login required)
View Item |