UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MENYUSUN PUZZLE KELAS B.7 TK AISYIYAH 4 PALEMBANG

YULIANAH, YULIANAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN MENYUSUN PUZZLE KELAS B.7 TK AISYIYAH 4 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Metode Bermain Menyusun Puzzle Kelas B.7 Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah 04 Palembang”. Berdasarkan pengamatan, banyak anak usia dini di taman kanak-kanak yang belum mengenal permainal Puzzle, karena menyusun puzzle itu sendiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Permasalahan dalam skripsi ini adalah metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan di kelas B.7 Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athafal 4 Palembang ? Peneliti ini bertujuan mengetahui usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan permainan menyusun puzzle angka 1-20 dengan benar. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah anak kelas B.7 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athafal 4 Palembang tahun pelajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahapan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Busthanul Athafal 4 Palembang dalam pemahaman metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan hasil diperoleh masih rendah dengan jumlah ketuntasan. Dengan diadakannya penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahap Pra siklus, siklus I dan siklus II melalui metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan kemampuan anak meningkat pada setiap siklusnya pada pra siklus sebanyak 10 anak dengan nilai BSH (31,32%), siklus I menjadi 28 anak yang BSH dan 3 anak BSB (40,86%) dan siklus II dengan ketuntasan mencapai 100% anak dapat menyusun puzzle dengan benar. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode menyusun puzzle dengan konsep bilangan angka 1 – 20 secara berururtan dapat meningkatkan kognitif anak di TK .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:18
Last Modified: 29 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14149

Actions (login required)

View Item View Item