“Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 1 Desa Bumi Harapan.

MUSTAQIM, M ALI (2014) “Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 1 Desa Bumi Harapan. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 1 Desa Bumi Harapan. Dalam proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Itu berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas sadar hubungan timbal balik antara guru dan siswa yang berlangsung dalam situasi pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi bagaimana pengelolaan pembelajaran PAI di SDN 1 Bumi Harapan, bagaimana motivasi belajar siswa di SDN 1 Bumi Harapan, dan bagaimana efektivitas pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Bumi Harapan , Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran PAI kelas V semester genap di SDN 1 Bumi Harapan, mengetahui motivasi belajar PAI siswa kelas V semester genap, dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di SDN 1 Bumi Harapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil dan mengumpulkan data dari lingkungan. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang ada di kelas V di SDN 1 Bumi Harapan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka dan data kualitatif, yaitu data yang berupa pernyataan-pernyataan. Dan instrument pengumpulan data (YKT) yang digunakan, yaitu: Observasi digunakan untuk mengetahui keadaan pengelolaan pembelajaran. Angket disebarkan kepada siswa. Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah, dan guru-guru, digunakan untuk memperkuat angket dan menganalisis angket. Dokumentasi ditujukan kepada guru TU, kepala sekolah dan waka kurikulum, digunakan untuk menghimpun data tentang jumlah guru dan siswa, Analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase hasil angket efektivitas pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 1 Desa Bumi Harapan, 2,52% tergolong tingkat amat baik, 2,47% tergolong baik, 0,475% tergolong cukup, dan tergolong kurang baik, dengan persentase 0,484%. ini di lihat dari hasil nilai tₒ= 1,458, sedangkan pada pada taraf signifikan 5% = 0,475, pada taraf signifikan 1% = 0,484, karena tₒ telah di peroleh sebesar 1,458, sedangkan = 0,484 dan 0,475 maka tₒ adalah lebih besar dari pada , baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian Hipotesis Alternatif di terima, berarti ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN 1 Bumi Harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:19
Last Modified: 29 Sep 2021 01:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item