PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 1 SDN 05 RANTAU PANJANG OGAN ILIR

LESTARI, DESTI AYU (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 1 SDN 05 RANTAU PANJANG OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.doc

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (93kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPA di kelas 1. Penelitian ini juga untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan model pembelajarn tematik pada mata pelajaran IPA di SDN 05 Rantau Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPA di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 05 Rantau Panjang Ogan Ilir. Kegunaan dalam penelitian ini adalah dapat mempermudah pemahaman siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam, guru dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan tema yang menarik perhatian siswa. Responden utama penelitian ini adalah Guru Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 05 Rantau Panjang. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dimaksudkan adalah data yang berupa kalimat, seperti baik, kurang baik, dan buruk penerapan model pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPA di SDN 05 Rantau Panjang. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dengan angka tentang jumlah guru, pegawai, siswa dari kelas 1 s.d VI, sarana dan prasarana seperti lokal belajar,meja dan kursi siswa, meja dan kursi guru, papan tulis. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data yang telah terkumpul diolah melalui editing, koding, dan klasifikai data. Kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data dengan melakukan wawancara kepada guru lain dan siswa di Kelas 1. Hasil penelitian ini adalah dalam menerapkan pembelajaran tematik ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu tahap perencanaan pembelajaran tematik, tahap pelaksanaan pembelajaran tematik, dan tahap evaluasi dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran ini dengan menggunakan tema sebagai pokok pikiran atau gagasan yang menjadi fokus pembelajaran sehingga dapat memberikan, menciptakan proses pembelajaran secara relevan dan bermakna. Faktor pendukung dalam menerapkan pembelajaran tematik antara lain tersedianya sarana dan prasarana yang cukup seperti fasilitas media dan alat peraga pembelajaran dengan kelengkapannya. Faktor yang menghambat dalam menerapkan proses pembelajaran tematik pada adalah rekrumen siswa sejak awal masuk sekolah di Sekolah harus memenuhi standar umur, adanya kelemahan guru mata pelajaran dalam mengklaborasikan materi pelajaran secara spesifik dan profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:20
Last Modified: 29 Sep 2021 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item