”UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE TALKING STICK DI KELAS IV MI NURUL WATHAN MUARA SUNGSANG KABUPATEN BANYUASIN

AZIZAH, AZIZAH (2014) ”UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE TALKING STICK DI KELAS IV MI NURUL WATHAN MUARA SUNGSANG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I AZIZAH.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II azizah.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV AZIZAH.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang penyebab lemahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA yang berdampak pada hasil belajar siswa yaitu belum optimalnya penggunaan metode atau strategi yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran oleh karena itu berdasarkan hasil diskusi dengan guru teman sejawat di sekolah, dapat dikemukakan asumsi yang menjadi alasan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA, yaitu kurangnya penekanan terhadap pemIlihan metode belajar. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan apakah penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MI Nurul Wathan Muara Sungsang Kab. Banyuasin. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MI Nurul Wathan Muara Sungsang Kab. Banyuasin Penelitian mengambil subjek yaitu siswa kelas IV MI Nurul Wathan yang berjumlah 24 orang siswa. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil evaluasi dari sebelum tindakan sampai pelaksanaan tindakan sebanyak 2 kali, yaitu penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan skor total pada siklus I dan II disbanding kondisi pada pratindakan, dimana pada pratindakan skor total hanya mencapai 1350, kemudian siklus 1 naik menjadi 1625 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 1870. Kemudian peningkatan nilai rata-rata, pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 56.2. Kemudian naik menjadi 67.7 di siklus 1, naik lagi menjadi 77.9 di siklus. Peningkatan ketuntasan belajar bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar hanya 12.5%, kemudian di siklus 1 naik siginifikan menjadi 54.1%%, kemudian di siklus 2 naik dengan signifikan menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:25
Last Modified: 29 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item