“Hubungan Pelaksanaan Administrasi Pengajaran Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri Tanjung Enim Kecamatan Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim”

ANGGRAINI, RENI (2010) “Hubungan Pelaksanaan Administrasi Pengajaran Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri Tanjung Enim Kecamatan Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim”. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I RENI.doc

Download (115kB)
[img] Text
BAB II RENI.doc

Download (99kB)
[img] Text
BAB III RENI.doc

Download (275kB)
[img] Text
BAB III RENI.doc

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV DAN V RENI.doc

Download (279kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Hubungan Pelaksanaan Administrasi Pengajaran Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri Tanjung Enim Kecamatan Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim”. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan administrasi pengajaran guru PAI di MTs Negeri Tanjung Enim, bagaimana prestasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjung Enim dan bagaimana hubungan pelaksanaan administrasi pengajaran guru PAI dengan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam hal administrasi pengajaran guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim. Metododologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu menguraikan, menggambarkan, dan mengklasifikasikannya sesuai dengan jenis penelitian yang dibutuhkan dan data kuantitatif yaitu menguraikan data-data yang dapat dihitung dengan angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan administrasi pengajaran guru PAI di MTs Negeri Tanjung Enim (Lawang Kidul) Kabupaten Muara Enim termasuk dalam kategori sedang atau baik, hal tersebut dilihat dari persiapan guru dalam pengajaran. Setiap melakukan pengajaran guru telah mempersiapkan dan mengatur kelengkapan-kelengkapan dalam pengajaran seperti: menyiapkan silabus, program tahunan, program semestre, RPP, menguasai metode pembelajaran, menguasai silabus pengajaran yang digunakan, membuat daftar hadir siswa, membuat catatan aktifitas siswa, melakukan proses bimbingan pada siswa, menguasai penggunaan media pembelajaran, membuat laboran kegiatan nilai siswa, mengevaluasi proses pengajaran yang telah diberikan dan menyiapkan materi ajar yang akan disampaikan lepada siswa. Prestasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjung Enim (Lawang Kidul) Kabupaten Muara Enim termasuk dalam kategori tinggi/baik, hal tersebut dilihat berdasarkan tabel distribusi 51,72% dari 29 siswa yang menjadi sampel ada 19 orang memperolah nilai kategori tinggi yaitu antara 25-27 yang telah ditentukan sebagai TSR. Hubungan pelaksanaan administrasi pengajaran guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjung Enim terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan korelasi product moment ternyata besar dengan df 29 yaitu 0,635. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin baik pelaksanaan administrasi pengajaran guru PAI pada pembelajaran, maka semakin baik pula prestasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:25
Last Modified: 29 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item