PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 9 RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN

RONI, RONI (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 9 RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
08. BAB I A. RONI.docx

Download (51kB)
[img] Text
09. BAB II A. RONI.docx

Download (72kB)
[img] Text
10. BAB III A. RONI.docx

Download (30kB)
[img] Text
11. BAB IV A. RONI.docx

Download (45kB)
[img] Text
12. BAB V A. RONI.docx

Download (19kB)

Abstract

Persoalan prestasi belajar siswa menurut para ahli pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting bagi siswa. Kemudian, alasan pengambilan mata pelajaran PAI sebagai obyek pembahasan dalam penelitian ini, karena mata pelajaran tersebut walaupun ringan atau mudah dipelajari tetapi menakutkan sebagian siswa. Sebab mata pelajaran PAI antara lain membahas masalah peraturan hak dan kewajiban manusia terhadap Tuhan, perintah ataupun larang melakukan suatu perbuatan. Sehingga menyebabkan siswa kurang berminat mempelajarinya. Untuk membuktikan kebenaran asumsi tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti dan membahasnya lebih lanjut dan mendalam. Permasalahan yang dibahas pembahasan penelitian ini dibatasi pada masalah Apakah penerapan strategi pembelajaran active learning tipe picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa SD Negeri 9 Rambutan Kabupaten Banyuasin tentang pengamalan ibadah shalat? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, artinya menjelaskan, menguraikan, atau menggambarkan tentang penerapan strategi pembelajaran active learning tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 9 Rambutan Kabupaten Banyuasin. Jenis data adalah kualitatif yang bersumber dari guru PAI dan siswa SD Negeri 9 Rambutan Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V yang berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui dua teknik yaitu bservasi dan dokumentasi. Kemudian disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran active learning tipe picture and picture untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ibadah shalat siswa Kelas IV SD Negeri 9 Rambutan Kabupaten Banyuasin diketahui aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus III tergolong cukup baik. Hal ini berarti mengalami perbaikan dari siklus I dan II. Dari skor ideal 280 nilai yang diperoleh adalah 210 atau 15,00% pada siklus II. Kemudian menjadi 272 atau 19,43% pada siklus III dari nilai idealnya 280. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item