“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Pada Materi Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Kelas V MI Nurul Hidayah Palembang”

MARWIYAH, RINI (2014) “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Pada Materi Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Kelas V MI Nurul Hidayah Palembang”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV MAMA TIKA.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran senantiasa harus diupayakan dan dilaksanakan dengan jalan meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui peningkatan kualitas pembelajaran, siswa, akan termotivasi dalam belajar, semakin bertambah jenis pengetahuan, semakin bertambah keterampilan dan semakin faham akan materi yang dipelajari. Pembelajaran IPS yang selama ini disampaikan dengan menggunakan metode ceramah, latihan dan Tanya jawab ternyata tidak menghasilkan pemahaman yang maksimal terhadap materi pelajaran IPS. Berangkat dari kenyataan ini maka peneliti melakukan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Pada Materi Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Kelas V MI Nurul Hidayah Palembang” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ““Apakah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative melalui tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V Sub pokok peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ?” Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu : Tes dan observasi. Tes menggunakan butir soal / instrument soal untuk mengukur hasil belajar siswa dan didapat dari hasil tes Pra siklus , siklus I, dan siklus II. Di mana tes yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari tiap siklus yang telah dilakukan, Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative melalui tipe NHT (Numbered Heads Together), persentase ketuntasan belajar yakni sebesar 60,7%, kemudian setelah dilaksanakannya pembelajaran pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran cooperative melalui tipe NHT (Numbered Heads Together) ada peningkatan persentase menjadi 82%, pada siklus 2 berhasil menjadi 97%. Dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada pra siklus, siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative melalui tipe NHT (Numbered Heads Together) lebih baik karena dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dengan melihat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sampai pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item