PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 104 PALEMBANG

Pratiwi, Yani (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 104 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Bahan atau materi ajar adalah segala sesuatu yang hendak dipelajari dan dikuasai para siswa, baik berupa pengetahuan, keterampilan, maupun sikap melalui kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah sekarang ini tidak dilakukan secara tatap muka seperti biasanya, karena adanya covid-19 siswa belajar secara daring atau online. Komik Digital adalah media yang memudahkan siswa dalam pemahaman gambar secara menyeluruh, membangun imajinasi, kemudian menuangkan ide-idenya berdasarkan urutan yang baik, serta dapat menceritakan secara runtut isi cerita sehingga dapat digunakan pada pembelajaran tematik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana pengembangan bahan ajar komik digital yang valid, Praktis dan efektif berbasis kearifan lokal kota Palembang pada pembelajaran tematik tema 1 kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 104 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar komik digital yang valid, Praktis dan efektif berbasis kearifan lokal kota Palembang pada pembelajaran tematik tema 1 kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 104 Palembang. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, angket, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : bahan ajar komik digital berbasis kearifan lokal kota Palembang pada penelitian ini sudah valid dan sudah layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran di kelas, baik luring ataupun daring dengan skor validasi bahasa 88%, Desain 92%, dan materi 94,66%. Bahan ajar komik digital berbasis kearifan lokal kota Palembang sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran, praktis pada saat digunakan, hemat biaya, hemat kertas karena berupa digital dan tidak perlu dicetak. Keefektifan bahan ajar komik digital berbasis kearifan lokal kota Palembang pada pembelajaran tematik tema 1 subtema 3 kelas III di Sekolah Dasar Negeri 104 Palembang berdasrkan perolehan hasil evaluasi siswa yang mengalami perubahan setelah menggunakan bahan ajar komik digital, maka dapat dikategorikan sangat efektif. Kesimpulannya, Pengembangan bahan ajar komik digital berbasis kearifan lokal kota Palembang pada pembelajaran tematik tema 1 kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 104 Palembang sudah dikategorikan valid, praktis dan efektif. Kata kunci : Bahan Ajar Komik Digital, Kearifan Lokal Kota Palembang, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Komik Digital Kearifan Lokal Kota Palembang, Pembelajaran Tematik.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:44
Last Modified: 29 Sep 2021 06:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item