IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN SEMANGAT KEBANGSAAN SISWA MELALUI PERSAMI (PERKEMAHAN SABTU MINGGU) SEKOLAH DASAR NEGERI 201 PALEMBANG

Hendika, Hendika (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN SEMANGAT KEBANGSAAN SISWA MELALUI PERSAMI (PERKEMAHAN SABTU MINGGU) SEKOLAH DASAR NEGERI 201 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan Siswa Melalui PERSAMI (Perkemaha Sabtu Minggu) Sekolah Dasar Negeri 201 Palembang. Hambatan dalam Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan Siswa Melalui PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) Sekolah Dasar Negeri 201 Palembang. Solusi untuk mengatasi hambatan Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan Siswa Melalui PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) Sekolah Dasar Negeri 201 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative Researc). Informan penelitian ini adalah siswa kelas lima, kakak pembina, guru dan kepala sekolah SD Negeri 201 Palembang.Teknk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD Negeri 201 Palembang sudah mengimplementasikan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Karakter Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan Siswa Melalui PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) dengan baik dan lancar. Meskipun ada sedikit hambatan, akan tetapi semua pihak yang terlibat sudah memberikan solusi agar hambatan tersebut dapatxviii diminimalisir. Sehingga, implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan karakter cinta tanah air dan semangat kebangsaan siswa melalui persami (Perkemahan Sabtu Minggu) sekolah dasar negeri 201 palembang benarbenar tercapai dan berjalan sebagaimana mestinya dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kata-kata kunci : Ekstrakurikuler Pramuka, Pengembangan karakter, cinta tanah air, semangat kebangsaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka Pengembangan karakter cinta tanah air semangat kebangsaan.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:45
Last Modified: 29 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item