UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BACAAN SALAT FARDHU MELALUI METODE PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUUR PALEMBANG

FITRIYANI, FITRIYANI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BACAAN SALAT FARDHU MELALUI METODE PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUUR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN fitriyani.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FITRIANI PRP.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FITRI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FITRIANI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FITRIYANI.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : apakah penerapan metode practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bacaan salat fardhu pada siswa kelas II MI An-Nuur Palembang, dari masalah ini maka tujuanya Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bacaan salat fardhu siswa kelas II MI An-Nuur Palembang dengan menerapkan metode practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini siswa kelas MI An-Nuur Palembang yang berjumlah 23 orang, dengan pertimbangan kelas II adalah masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri. Adapun jenis penelitian lapangan (field research), dan penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala-gejala yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, yang di lakukan pada Desember 2013 untuk prasiklus dan Januari-Februari 2014 untuk siklus 1 dan 2 serta laoranya. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Dari hasil tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa bahwa penerapan metode practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bacaan sholat hasil belajar. Karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkannya metode practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) terjadi peningkatan yang siginifikan . Hal ini dapat dilihat dari : Peningkatan nilai, dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 57.8, hasil perbaikan siklus I menjadi 68.2 dan pada siklus II menjadi 78.0. Peningkatan ketuntasan siswa. Pada pra siklus hanya terdapat 5 anak yang tuntas dalam belajar sementara yang tidak tuntas 18 anak, kemudian pada siklus 1 setelah tindakan dilakukan yang tuntas belajar mencapai 15 anak sementara 8 anak lainya tidak tuntas, kemudian pada siklus 2 anak yang tuntas sebanyak 22 dan yang tidak tuntas tersisa 1 anak

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:49
Last Modified: 30 Sep 2021 02:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item