UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DI SD NEGERI TULUNG SELUANG KECAMATAN TULUNG SELAPAN OKI

PIKING, LINES (2013) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DI SD NEGERI TULUNG SELUANG KECAMATAN TULUNG SELAPAN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1.docx

Download (118kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (71kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (32kB)
[img] Text
bab 4.docx

Download (25kB)
[img] Text
bab 5.docx

Download (16kB)

Abstract

Kepala sekolah dikatakan sebagai pemimpin yang efektif bilamana ia mampu menjalankan proses kepemimpinannya yang mendorong, mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan dan tingkah laku kelompoknya. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri Tulung Seluang, bagaimana kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri Tulung Seluang, apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SD Negeri Tulung Seluang. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri Tulung Seluang, untuk mengetahui kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri Tulung Seluang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SD Negeri Tulung Seluang. Dalam menganalisis, penulis menggunakan teknik analisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan yang berhubungan dengan upaya kepala sekolah dalam meningkatkatkan kompetensi sosial guru PAI, penulis mengetahui bahwa Kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri 1 Tulung Seluang dapat dikategorikan baik, adapun upaya-upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI adalah melakukan diskusi dan melakukan kunjungan langsung ke masyarakat dan lingkungan sosial yang beragam, memproduktifkan komunikasi guru dengan siswa, dengan sesama guru, dan dengan orang tua/wali siswa, melakukan pembinaan disiplin tenaga kependidikan, memberikan penghargaan (reward), dan melibatkan guru PAI dalam kegiatan kemasyarakatan. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi sosial guru PAI di SD Negeri 1 Tulung Seluang adalah sebagai berikut: kondisi lingkungan, kerjasama antara sesama guru, pimpinan sekolah, dan masyarakat sekitar, kegiatan-kegiatan sekolah, komunikasi, dan supervisi kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:03
Last Modified: 30 Sep 2021 04:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item