PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS II SD/MI

Haini, Diah Puspa (2021) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI RUMAH KELAS II SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perencanaan desain modul tematik berbasis nilai-nilai keislaman pada subtema hidup rukun di rumah kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, (2) menguji modul tematik berbasis nilai-nilai keislaman pada subtema hidup rukun di rumah kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang valid, (3) menguji modul tematik berbasis nilainilai keislaman pada subtema hidup rukun di rumah kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan tessmer yang meliputi tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Uji kevalidan modul dilakukan pada tahap expert review yang dilakukan oleh 3 orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Uji kepraktisan modul dilakukan pada tahap one to one dan tahap small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan desain modul tematik berbasis nilai-nilai keislaman pada subtema hidup rukun di rumah kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dapat digunakan untuk diuji kevalidannya yang dilakukan pada tahap expert review. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi modul untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya. (2) Pada tahap expert review diperoleh rata-rata skor sebesar 92 dengan kriteria sangat valid. (3) Pada tahap one to one diperoleh jumlah skor sebesar 95 dan pada tahap small group diperoleh skor dengan rata-rata sebesar 98 dengan kriteria sangan praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Modul, Tematik, Nilai-Nilai Keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Modul Tematik Nilai-Nilai Keislaman.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:45
Last Modified: 05 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14566

Actions (login required)

View Item View Item