Febrianti, Elly Adelia (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MAJALAH MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA BANGSA INDONESIA KELAS IV SDN 178 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2_SKRIPSI BAB I.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
6_SKRIPSI BAB V.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Peneilitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN 178 Palembang. Proses pembelajaran yang monoton dan belum terciptanya rasa senang oleh peserta didik ketika guru sedang menyampaikan materi, buku yang dipakai peserta didik dalam proses pembelajaran untuk materi keanekaragam budaya bangsa Indonesia masih seperti buku pada umumnya lebih banyak menjelaskan materi dan hanya sedikit gambargambar yang ditampilkan mengenai keanekaragaman budaya Indonesia pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPS berbasis majalah materi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia yang dapat digunakan peserta didik kelas IV yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas IV SDN 178 Palembang. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yang diperoleh dari bahan ajar IPS berbasis majalah materi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia Kelas IV yang dikembangkan sangat valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket ketiga validator, yaitu validasi ahli desain dengan rata-rata skor 82,32, validator ahli bahasa dengan rata-rata skor 88,93 dan validator ahli materi dengan skor rata-rata 100, dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk kepraktisan bahan ajar IPS berbasis majalah materi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia kelas IV yang dikembangkan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari respon guru kelas IV SDN 178 palembang dengan rata-rata skor 100, dan respon siswa kelas IV dengan rata-rata skor 90 sehingga bahan ajar IPS berbasis majalah materi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia kelas IV SDN 178 Palembang dapat dikategorikan sangat praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Majalah, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar Majalah, Ilmu Pengetahuan Sosial. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 04:51 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 04:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14593 |
Actions (login required)
View Item |