STUDI KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 113 PALEMBANG

Rarika, Lemi Resta (2020) STUDI KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 113 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Studi kemampuan membaca dan menulis puisi siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 113 Palembang. Adapun fokus penelitian yaitu menganalisis permasalahan yang akan diteliti hanya meliputi mengenai kemampuan dalam membaca dan menulis siswa kelas III di SD Negeri 113 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana kemampuan membaca puisi kelas III di SD Negeri 113 palembang (2) Bagaimana kemampuan menulis puisi kelas III di SD Negeri 113 Palembang (3) Apa faktor pendukung dan penghambat siswa kelas III dalam membaca dan menulis puisi di SD Negeri 113 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adalah sebagai berikut (1) Kemampuan membaca puisi pada kelas III di SD Negeri 113 Palembang baik dari intonasi, ekspresi wajah, gaya bahasa tubuh, vocal, dan nada, rata-rata sudah bisa dalam membaca puisi, meskipun ada beberapa anak yang belum terlalu fasih dalam membaca puisi tersebut. (2) Kemampuan menulis puisi pada kelas III di SD Negeri 113 Palembang baik dari menentukan tema, menentukan rima, ketepatan tulisan, dan menentukan amanat, rata-rata sudah bisa dalam menulis puisi, meskipun ada beberapa anak yang belum terlalu fasih dalam menulis puisi tersebut. (3) Faktor pendukung dan penghambat kemampuan siswa dalam membaca dan menulis puisi di SD Negeri 113 Palembang yaitu tersedianya tenaga pengajar yang sesuai dengan bidangnya, motivasi dengan adanya motivasi dari orang tua dan guru siswa akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran membaca dan menulis puisi, tesedianya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor dari internal (faktor dari dalam diri siswa), faktor eksternal (faktor dari luar siswa), dan adapun faktor dari orang tua. Kata Kunci: kemampuan, membaca dan menulis, puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca dan menulis puisi
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:34
Last Modified: 11 Oct 2021 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item