ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MENGULAK

IRIANI, UCI (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MENGULAK. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mengulak.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi bentuk-bentuk kesulitan siswa yang dilihat dari kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, (2) faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran, (3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran. Prosedur analisis kesalahan siswa dalam penelitian ini yaitu prosedur Newman. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes dan pencatatan.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.Hasil penelitian dengan subjek 24 orang siswa menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran meliputi: (a) kesulitan dalam membaca informasi yang terdapat pada soal (reading error), (b) kesulitan dalam memahami maksud dari soal sehingga siswa tidak mengetahui apa yang ditanyakan dan apa yang diketahui dari soal (comprehension error)(c) kesulitan dalam mengubah kalimat cerita menjadi model matematika siswa kesulitan dalam menentukan rumus apa yang akan dipakai (transformation error), (d) kesulitan dalam melakukan penghitungan, siswa cenderung kurang teliti dalam melakukan penghitungan (processor skills error). (2) faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan ada dua yaitu faktor eksternal dan internal.(3) solusi dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita, membuat soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif, menerapkan model dan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam mengajarkan soal cerita, dan memberikan penjelasan dengan menggunakan alat pereraga yang konkrit. Kata Kunci :Analisis Kesulitan, Prosedur Newman, Soal Cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Prosedur Newman Soal Cerita
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:35
Last Modified: 11 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item