IMPLEMENTASI METODE CERITA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS V MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

Zahara, Herlin (2021) IMPLEMENTASI METODE CERITA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS V MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I HERLIN ZAHARA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V HERLIN ZAHARA.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas Implementasi Metode Cerita terhadap Pembentukan Karakter Siswa kelas V di MI MA’had Islamy Palembang, berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa Implementasi Metode Cerita untuk Pembentukan Karakter ini sudah berjalan dengan baik walaupun terdapat kendala pada penerapannya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanaimplementasi metode cerita di kelas V MI Ma’had Islamy Palembang ? (2) Bagaimana peran metode cerita dalam pembentukan karakter siswa? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi implementasimetode cerita dalam pembentukan karakter siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisi menggunakan teori Milles and Huberman yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan data. Berdasarkan observasi dan wawancara mendalam diperoleh data bahwa (1) Implementasi metode cerita di kelas V MI Ma’had Islamy Palembang MI ma’had Islamy Palembang sudah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari berlangsungnya proses belajar mengajar pada saat observasi. (2) peran metode cerita dalam pembentukan karakter siswa, peran metode cerita dalam pembentukan karakter meliputi proses pembisaan, pengajaran, dan penerapan. (3) faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa ada 2 yaitu: pertama faktor pendukung meliputi, guru/pendidik, sarana dan prasarana, buku bacaan tentang pembentukan karakter. Kedua faktor penghambat yaitu, sulitnya siswa untuk diantur, tidak fokus pada saat pelajaran berlangsung, dan lingkungan. Kata Kunci: Metode Cerita, Pembentukan Karakter, Aqidah Akhlaq

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Pembentukan Karakter Aqidah Akhlaq
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:36
Last Modified: 11 Oct 2021 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item