CITRA PEREMPUAN PADA PRODUK ROKOK PADA ERA TAHUN 1930-1950 DI INDONESIA

SHAMANNIA, SISCA (2019) CITRA PEREMPUAN PADA PRODUK ROKOK PADA ERA TAHUN 1930-1950 DI INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
SISCA SHAMANNIA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISCA BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISCA BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISCA BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SISCA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengkaji iklan rokok yang ada pada zaman dahulu, adalah sebuah kajian menarik. Bukan hanya karena kajian tersebut sebagai kajian masa lampau, tetapi iklan yang di dalamnya menjadikan sosok seorang perempuan menjadi salah satu ikon yang sangat penting dalam proses pemasaran produk rokok. Mulai dari mengekspos tubuh perempuan, sampai pada merk rokok yang di ambil dari nama perempuan. Foto atau gambar yang terdapat didalamnya memiliki makna dan tanda-tanda didalam lembaran, sehingga hal ini menjadi objek utama yang dilihat oleh seorang pembaca dalam memaknai foto tersebut. artinya setiap foto memiliki poin yang penting untuk dikaji. Penelitian yang berjudul : Citra Perempuan Pada Produk Rokok Pada Era Tahun 1930-1950 Di Indonesia. Bertujuan untuk membaca makna yang tersurat di dalamnya dengan menggambarkan situasi sosial budaya, mungkin juga politik yang ada disekelilingnya atau makna ideologi yang terkandung di dalamnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Makna yang dimaksud dalam penelitian ini adalah makna berdasarkan analisa menngunakan Teori Semiotika menurut Roland Batrhes yaitu makna denotasi, konotasi dan mitos. Makna-makna akan muncul pada setiap tanda yang ditangkap oleh pembaca melalui panca indera yang dimaknai berdasarkan pengetahuan, dan juga sejarah yang ada mengingkat kajian ini berfokus pada masa lampau. Jumlah foto yang akan dianalisis ini berjumlah tiga foto, yang akan dibagi dalam beberapa bagian. Dengan satu foto akan dipecah menjadi perobjek, hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam membaca pemaknaan makna dan tanda denotasi-kontasi, mitos yang ada didalamnya. Serta mengetahui maksud pembuat gambar iklan rokok tersebut, sehingga bisa memuat pembentukan citra yang terbentuk. Ada 3 citra yang terebentuk dari hasil penelitian terhadap foto-foto iklan produk rokok ini ialah : citra pigura, citra peraduan, serta citra pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:40
Last Modified: 05 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

View Item View Item