STUDI EVALUATIF TERHADAP PELAKSANAAN ASPEK PENILAIAN SIKAP DALAM KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 106 PALEMBANG

ASTUTI, ASTUTI (2018) STUDI EVALUATIF TERHADAP PELAKSANAAN ASPEK PENILAIAN SIKAP DALAM KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 106 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran yang merupakan tahapan pelaksanaan antara lain penentuan tujuan, menentukan desain evaluasi, pengembangan instrumen evaluasi, pengumpulan informasi/data, analisis dan interpretasi dan tindak lanjut. Dalam kurikulum 2013, mempertegas adanya pergeseran dalam melakukan penilaian, yakni dari penilaian melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja), menuju penilaian autentik (mengukur kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimanakah pelaksanaan guru terhadap penilaian aspek sikap sosial dalam Kurikulum 2013 di SDN 106 Palembang ?, Bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan guru terhadap penilaian aspek sikap sosial dalam Kurikulum 2013 di SDN 106 Palembang Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Dengan teknik analisis data penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Penelitian ini dilakukan untuk menggali data berdasarkan apa yang diucapkan, dirasakan, dilakukan oleh partisipan atau sumber data. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil validasi data ceklis guru wali kelas IV A, Ibu NR diperoleh rata-rata 83, 3%, wali kelas IV B, Ibu HB diperoleh rata-rata 75%, wali kelas IV C, Ibu YN diperoleh rata-rata 75%, wali kelas IV D, Bapak AW diperoleh rata-rata 75%, dan wali kelas IV E, Ibu HS diperoleh rata-rata 75% dengan kriteria paham. Dari hasil yang dijabarkan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan guru kelas sangat baik dalam melaksanakan aspek penilaian sesuai dengan sistem penilaian yang diterapkan. Dalam pada aspek penilaian sikap dan yang dapat dilaksanakan oleh guru wali kelas IV diketahui bahwa dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan petunjuk pedoman kurikulum 2013. Kata kunci : Evaluasi, Penilaian Sikap, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:57
Last Modified: 11 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item