ANALISIS KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS 3 MI MIFTAHUL ULUM MEKAR SARI BANYUASIN SUMATRA SELATAN

NURAINI, SINTA (2021) ANALISIS KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS 3 MI MIFTAHUL ULUM MEKAR SARI BANYUASIN SUMATRA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Bagaimana kesulitan belajar membaca dan menulis di kelas 3 MI Miftahul Ulum Mekar Sari Banyuasin sumatra selatan, (2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan siswa di kelas 3 MI Miftahul Ulum Mekar Sari Banyuasin sumatra selatan, (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat siswa kelas 3 mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis di MI Miftahul Ulum Mekar Sari Banyuasin sumatra selatan, Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni metode Kualitatif Deskriptif yang mana memaparkan dan mengambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menetapkan sebagai berikut: (1) Bentuk kesulitan yang sering terjadi biasanya siswa kurang paham akan materi yang di pelajari, karena masih ada siswa yang belum bisa membedakan lambamg huruf b dan d, dan masih ada siswa yang bingung saat pengucapan huruf b dan p, pada umumnya bentuk kesulitan itu dapat tejadi karena faktor lingkungan dari keluarga siswa tersebut, karena dari salah satu pengakuan salah satu seorang siswa bahwa siswa tersebut tidak dimari oleh orang tua saat siswa tersebut berada di rumah, dan orang tua siswa tidak membimbing siswa saat belajar. (2) Untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan berbagai macam cara yaitu, pertama guru menggunakan metode pembelajaran dalam bentuk permainan agar saat proses pembelajaran menyenagkan dan diharpkan siswa dengan mudah memahami materi yang sedang di pelajari, yang kedua guru memberikan motivasi terhadap siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis, yang ketiga guru melatih siswa sesuai dengan tingkat kesulitan siswa masing-masing, dan yang terakhir guru mengadakan kelas tambahan di luar jam pelajaran tentu saja dengan persetujuan orang tua siswa. (3) Suasana kelas yang menyenagkan, kondisi anak yang stabil atau bisa di kendalikan, tingkat kecerdasan anak (IQ), motivasi guru dan orang tua, sarana dan prasarana yang memadai, faktor penghamabat belajar membaca dan menulis siswa kelas 3 MI Miftahul Ulum Mekar Sari Banyuasin Sumatra Selatan yaitu, tingkat kecerdasan siswa (IQ), kurang nya motivasi dari orang tua, siswa kurang mengenal huruf, siswa tidak memahami kalimat yang di baca dan di tulis, adanya keraguan dari diri siswa, dan sisw kurang pahaman tanda baca. Kata Kunci :Kesulitan, Upaya Guru, Membaca dan Menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Upaya Guru Membaca dan Menulis
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:00
Last Modified: 11 Oct 2021 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16076

Actions (login required)

View Item View Item