PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA TEMA 3 KELAS III SD MUHAMMADIYAH 14 PALEMBANG

Kholillah, Nur (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA TEMA 3 KELAS III SD MUHAMMADIYAH 14 PALEMBANG. Post-Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perancangan produk lembar kerja peserta didik berbasis problem solving pada tema 3 kelas III SD/MI, (2) menguji lembar kerja peserta didik berbasis problem solving pada tema 3 kelas III SD/MI berupa validasi, (3) menguji lembar kerja peserta didik berbasis problem solving pada tema 3 kelas III SD/MI ini berupa kepraktisan, (4) menguji lembar kerja peserta didik berbasis problem solving pada tema 3 kelas III SD/MI berupa keefektifitas. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian research and development (rnd) dengan model yang dikembangkan tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. uji validitas data menggunakan angket pada tahap expertreview dan one-to-one, uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group, dan uji efektivitas menggunakan tes pada tahap field test. subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 14 Palembang dengan jumlah 25 orang. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan lembar kerja peserta didik berbasis problem solving pada tema 3 subtema 2 dikategorikan yang dimulai dari perencanaan desain, bahasa dan disesuaikan dengan materi pelajaran yang terdapat dalam buku peserta didik (2) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review berupa skor dengan rata-rata sebesar 93 dan one to one berupa skor dengan ratarata sebesar 87 sehingga mendapat rata rata skor sebesar 90 sehingga dikategorikan sangat valid, (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada small group berupa skor dengan rata-rata sebesar 85 sehingga dikategorikan sangat praktis, serta (4) penilaian hasil tes kefektifan yang dilakukan pada field test berupa skor dengan rata-rata sebesar 92 sehingga dapat dikatakan sangat efektif. Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Tematik, Problem Solving

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Problem Solving
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:02
Last Modified: 11 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item