Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Palembang

Safitri, Wiwik (2014) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (858kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 24 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning sebagai variabel tidak terikat dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat, sampel penelitian ini adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data tes menggunakan uji kesamaan dua rata-rata awal sebelum perlakuan dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problem based learning ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 94.71 lebih besar dari kelas kontrol 78.16, dimana thitung = 8.32 > ttabel = 2.80 dengan = 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:03
Last Modified: 11 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16194

Actions (login required)

View Item View Item