FENOMENA PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI AJANG PENAMPILAN DIRI (STUDI PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

Anggriani, Defta (2021) FENOMENA PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI AJANG PENAMPILAN DIRI (STUDI PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
00. COVER SKRIPSI Defta Anggriani.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. SKRIPSI Defta Anggriani.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa masyarakat menuju era media baru dimana setiap individu dapat berkomunikasi melalui internet. Internet pun memunculkan banyak media berbasis online, salah satunya adalah Instagram yang sedang populer belakangan ini. media sosial Instagram memunculkan banyak fenomena baru salah satunya adalah Fenomena penggunaan situs jejaring sosial Instagram sebagai ajang penampilan diri. Skripsi berjudul “Fenomena Penggunaan Situs Jejaring Sosial Instagram Sebagai Ajang Penampilan Diri (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang) ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang ketika menampilkan dirinya di dalam situs jejaring sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Adapun untuk teori yang digunakan dalam mengkaji permasalahan yang diangkat ke dalam penelitian ini adalah teori Dramaturgi yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa media sosial Instagram layaknya sebuah panggung sandiwara, dimana setiap individu berlomba-lomba untuk menampilkan dan menunjukkan dirinya sebaik mungkin. Ini dapat dilihat dari aktivitas yang dilakukan oleh para mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dalam menampilkan dirinya di media sosial Instagram. Dimana mereka rela melakukan hal yang tidak sesuai dengan fakta yang ada dilapangan demi membangun suatu image tertentu di dalam media sosial Instagram. Mereka viii melakukan pencitraan dengan memanipulasi penampilannya mulai dari bahasa tubuh, bahasa verbal, gaya hidup serta ekspresi wajah dan juga setting. Pencitraan tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk terlihat eksis dan ingin diakui keberadaanya di media sosial Instagram maupun dilingkungan pergaulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:06
Last Modified: 11 Oct 2021 02:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16283

Actions (login required)

View Item View Item