ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN

PANGESTU, SAYUKTI PUJI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Sayukti.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Skripsi Sayukti.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan trigonometri ditinjau dari tingkat kecemasan. Peneliti menggunakan indikator kemampuan berpikir ktitis dari Facione yang sudah dimodifikasi oleh peneliti dan indikator kecemasan matematika dari Suharyadi. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket, soal tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Plakat Tinggi, kemudian dipilih sampel sebanyak 9 siswa dengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil angket kecemasan matematika yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah, dengan pengambilan siswa sebanyak satu siswa pada tiap kategori, selanjutnya yaitu 3 siswa tersebut diberikan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan rendah dalam kemampuan berpikir kritis, siswa mampu memenuhi seluruh indikator yaitu mampu memenuhi indikator analisis, evaluasi, dan inferensi. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang dalam kemampuan berpikir kritis, siswa mampu memenuhi satu indikator yaitu mampu memenuhi indikator analisis namun belum memenuhi indikator evaluasi dan inferensi. Siswa dengan tingkat kecemasan tinggi dalam kemampuan berpikir kritis, siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator yaitu siswa belum memenuhi indikator analsiis, evaluasi dan inferensi. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Trigonometri, Tingkat Kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Persamaan Trigonometri Tingkat Kecemasan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:52
Last Modified: 11 Oct 2021 08:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16419

Actions (login required)

View Item View Item