KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

LIANTI, SHANTY APRIL (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2020, bertempat di SMP Negeri 3 Palembang. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil hasil postest yang diberikan kepada siswa kelas VIII.7 yang berjumlah 31 siswa. Hasil analisis jawaban dari soal postest yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VIII 7 Smp Negeri 3 Palembang memenuhi kemampuan berpikir kreatif, dari keempat indikator yang ada terdapat tiga indikator yang tercapai yakni kelancaran, keluwesan, dan elaborasi, yang memenuhi indikator kelancaran sebanyak 31 siswa, indikator keluwesan sebanyak 25 siswa, dan indikator elaborasi sebanyak 17 siswa . Model pembelajaran Creative Problem Solving dengan langkah yang pertama fact finding (menemukan fakta) dapat melatih siswa untuk memiliki banyak ide/gagasan dalam berbagai kategori, langkah kedua yaitu problem finding (menemukan masalah) dapat mengarahkan siswa untuk mempunyai gagasan yang beragam , langkah ketiga yaitu idea finding (menemukan ide) dapat melatih siswa untuk menemukan ideide baru ysng dimiliki siswa, langkah keempat yaitu solution finding (menemukan solusi) dapat mengarahkan siswa untuk mampu menemukan solusi dari permasaahan yang didapat serta menjabarkannya secara rinci, langkah terakhir yaitu acceptence finding (menemukan penerimaan) dapat melatih siswa untuk mampu menerima solusi yang terbaik dari berbagai pendapat yang ada dan mengimplementasikan solusi tersebut dalam kegiatan belajar. Kata kunci: kemampuan, berpikir kreatif, cps

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif cps
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:53
Last Modified: 11 Oct 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16438

Actions (login required)

View Item View Item